Modul Pelatihan jurnalistik SMA



Pelatihan jurnalistik untuk para pelajar SMA/sederajat dilakukan untuk menumbuhkan minat menulis untuk generasi muda. Generasi muda khusunya pelajar harus mampunyai kepekaan terhadap permasalahan sosial yang ada di sekolahnya maupun di masyarakat. Dengan pelatihan ini di harapkan generasi muda khususnya pelajar dapat mempunyai pengetahuan dan ketrampilan menulis agar mereka dapat menyalurkan ide-ide mereka lewat tulisan.
Media massa/Pers merupakan salah satu alat untuk menuangkan pemikiran-pemikiran secara bebas walaupun tidak sepenuhnya bebas karena ada Kode Etik Jurnalistik akan tetapi kita dapat menuliskan pemikiran-pemikiran disana. Media sekolah  bagi siswa dapat dijadikan alat untuk pembebasan dirinya dari peraturan-peraturan sekolah yang membelengu mereka. Peraturan akademis di sekolah telah menguasai, membelengu, dan membuat para siswa berada dalam kesadaran palsu. Oleh karena itu siswa harus membebaskan dirinya dari semua tatanan sosial yang mnghambat kreativitasnya. Salah satu alternatif untuk membuat mereka kreatif yaitu melalui pembuatan media sekolah yang bisa digunakan untuk menyampaikan kritik kepada sekolah dan guru mereka.  
Pelatihan jurnalistik untuk para pelajar tidak menjadikan guru sebagai pemateri tapi fasilitator yang merupakan praktisi pers. Dalam pembelajaran yang digunakan menekankan pada siswa SMA sebgai subyek bersama fasilitator. Pembelajaran ynag dilakukan berbeda dengan yang ada di seklah sehingga siwa diharapkan bisa berekspresi sesuai dengan kemampuanya.
Pendekatan fasilitator kepada siswa lebih humanis/memanusiakan manusia dengan pembelajaran dialogis (dua arah). Di dalam pelatihan ini tidak ada istilah mengurui tapi saling membelajarkan antara siswa dan fasilitator. Siswa tidak di bekali materi yang cukup banyak akan tetapi langsung mencari contoh kongkritnya sehingga dapat langsung tahu praktek dari materi yang disampaikan. Contohnya saat faslitator akan menjelaskan tentang politik redaksi maka siswa diberikan tugas untuk membawa koran. Fasiltator menunjukan yang dimaksud politk redaksi seperti apa dan siswa mwncarai sendiri di koran yang dia bawa.
SILAHKAN MENDOWNLOAD LINK DI BAWAH INI UNTUK MENGETAHUI CONTOHNYA:
Bila anda ingin meng-copi beberapa tulisan ini sertakan dalam daftar pustaka atau di akhir kalimat.
1.     Kalo di akhir kalimat
            Kalimat (Arif S. Santoso,2014)
2.     Kalo daftar pustaka copi:
                        Arif S. Santoso. 2014 . Modul pelatihan jurnalistik SMA . Di akses dari             www.sebelas-plus.blogspot.com pada tanggal .... Bulan Tahun, Hari  Pada jam ....
                                                               
Bila ingin diskusi dengan penulis bisa lewat Twitter di: @arsetbudsan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Didik Anak, Orang Tua Tiru Cara Berpikir Guru

Download MODUL LATIHAN MICROSOFT OFFICE LENGKAP (GRATIS) Untuk SMP dan SMA/Sederajat (Pelajar)

chord kla project yogyakarta